Rabu, 10 Agustus 2016

Memulai Usaha Sendiri


Memiliki suatu usaha atau bisnis di masa sekarang adalah hal yang lumrah. Semua orang bisa memiliki usaha di berbagai bidang. Namun sebagian besar orang masih bertanya bagaimana cara memulai suatu usaha, bagaimana prospek usaha tersebut di kemudian hari, bagaimana jika usaha tersebut tidak seperti usaha lain yang berhasil, bagaimana memperoleh modal, dan berbagai pertanyaan lain yang menunda kita untuk memulai suatu usaha. 
Jika kita ingin memiliki suatu usaha yang berhasil, kuncinya ada tiga menurut versi saya, yaitu Ide, Mulai, Tekun. Ide yang segar dan berbeda dari usaha yang sudah ada di sekitar kita dapat menjadi peluang keberhasilan suatu usaha. Ide yang kita miliki merupakan keunggulan dari usaha yang dijalankan dan hendaknya ditonjolkan sehingga menjadi kekhasan suatu produk yang dihasilkan. Sesuatu yang khas inilah yang nantinya akan selalu diingat oleh pembeli. 
Mulai. Bisnis harus segera dimulai. Terlebih jika usaha yang akan dijalankan minim modal dan bukan suatu proyek besar yang memerlukan berbagai perencanaan matang serta peramalan masa depan. Meski tidak memiliki bakat dalam dunia bisnis, siapapun memliki kesempatan yang sama untuk berhasil. Usaha yang dimulai dan dijalankan dengan sendirinya akan memberikan banyak pembelajaran dan pengetahuan. Dengan begitu, sambil berbisnis kita mendapat dua keuntungan sekaligus yaitu keuntungan secara teori dan praktek, dan keuntungan secara finansial dari pendapatan yang didapatkan.
Namun dalam perjalanannya, tidak jarang pula para pemula ini merasa kwalahan bahkan merasa tidak mendapatkan apa-apa. Maka kunci yang ketiga sangatlah penting. Ya, tekun. Pernah dengar kalimat," orang pintar akan kalah dengan orang bejo"? Yaa betul sekali. Jika kita merasa kita bukanlah orang yang mahir dalam dunia bisnis, maka jadilah orang yang bejo dalam berbisnis. Kunci untuk bejo adalah ketekunan. Yaitu mau bekerja keras dan pantang menyerah. Apabila keadaan seolah bersikap tidak mendukung usaha yang kita lakukan, percayalah bahwa Tuhan akan menjadi pendukung setiap langkah yang kita ambil.
Tidak ada keputusan yang salah dalam kehidupan ini, karena semuanya sudah digariskan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. Apa yang kita putuskan merupakan keputusan Tuhan, yang perlu kita lakukan hanyalah berpikir positif bahwa apapun yang terjadi memiliki sisi baik yang perlu kita pahami. Semoga tulisan ini bermanfaat ya kawan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar